Jumat, 09 September 2011

MEMORABILIA



.Ingatanku,wahai diriku yang lain
.aku adalah sepatu mungil yg terlupakan di rumputan
.Bertahun.tahun bersamamu,tak pernah sekalipun kuingat
.dirimulah si kecil yg bersembunyi di dalam cermin
.datang padaku dengan senyum.y yg murung
.atau sendirian membyangkan jadi seekor ikan
.berenang sendirian d lautan tanpa tujuan

.Di dalam dirimu sekali waktu tak kutemukan siapapun
.kecuali aku yg pergi setiap petang mengunjungi taman
.bermain perkusi dijalanan dan bertanya pada semua orang
.lagu terakhir apakah untuk merayakan hidup yang seaat ini?

.Setiap malam kukenali bagian diriku yang penyendiri
.berjalan ke stasiun dan selalu duduk menunggu kereta
.melambaikan tangan pada para penumpang d jendela
.lalu pergi setelah lonceng berdentang tiga kali

.Siapakah yang akan mengenang lelaki ini??
.dan mengingatkan pada.y bahwa seusai pertunjukan
.ia masih saja mengenakan topeng kekasih.y di luar panggung

.Ingatanku,wahai cermin yg abai padamu
.bertahun-tahun bersamamu, tak pernah sekalipun kuingat
.bahwa akulah siperagu yg dulu mengelabui dinding
.tanpa kawan bermain bayang, mencintai bagian kelam diri.y
.dimana ai mengenaliku tersedu semalaman menunggu ibu

.Berilah aku malam yg membuatku nyenyak sejenak
.lalu terbangun pagi hari tanpa pil penenang
.tak perlu nmencuci tangan atau kening berulang

.Tak perlu berlari mengitari halaman
.sambil membayangkan bahwa di dalam diri yang lalai ini
.ada seseorang yg berseru d kejauhan
.mengabarkan bumi yg sebentar lagi akan sungguh berakhir

.Ingatanku wahai cermin masa kecilku
.bertahun-tahun bersamamu kini ku tahu
.bila engkau tubuh indah yang menolak d sentuh
.aku adalah rasa bersalah yg tak tak ingin menyerah
.bila engkau kuku biru ibu jari simati
.aku kunang yg tak ingin menghilang

.Bila engkau hujan dini hari yg putus asa
.aku benih resah d celah tanah yg berduka
.bila dirimu sungai meluap semalaman
.aku akar yg meretakan akar d tepian

.Siapakah yang akan mengenang lelaki ini
.dan mengingatkan pada.y
.bahwa aku akan selalu mengingatmu

1 komentar: